Resep Cara Membuat Gluten (Daging Vegetarian) ala Dentist Chef

Resep Cara Membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Tertantang menciptakan bakso vegetarian yang teksturnya serenyah bakso dengan daging, aku menemukan cara pembuatan daging vegetarian yang bs diolah jadi bermacam2 olahan termasuk bakso vegetarian ini…….
Sebagai percobaan pertama aku membuat daging gluten dari adonan 1 kg tepung, dan setelah proses yang cukup panjang, jadilah bakso dan daging gluten yang sering ditemukan di restoran vegetarian….

Bahan:
1 kg tepung terigu protein tinggi/cakra
150 ml air
1 sdt garam
1 sdm minyak biji anggur
Cara membuat:
# Campur tepung, air, garam dan uleni sampai kalis
# masukkan minyak dan uleni lagi, istirahatkan 30 menit biar glutennya setting


# cuci adonan untuk melarutkan starchnya dengan sedikit dipijat, dibawah aliran air yang kecil


# terus cuci adonan gluten sampai yang tersisa tinggal gluten berwarna kekuningan dengan tekstur menyerupai karet


# angkat gluten dan keringkan, diamkan selama 30 menit lagi


# campur dengan bumbu vegetarian sesuai selera anda, klo pengen rasa sapi ya dikasih perasa sapi, klo ayam ya pakai kaldu ayam vegetarian, diamkan selama 30 menit, bentuk bulat kecil untuk membuat bakso vegetarian atau bentuk ukuran besar untuk daging palsu


# panaskan air yang juga dibumbui sesuai selera sampai hampir nyaris sedikit lagi mendidih, masukkan adonan gluten
# masak adonan gluten selama 1-3 jam, jaga agar air tidak mendidih, semakin lama maka semakin renyah struktur glutennya
# angkat dan tiriskan adonan daging gluten, untuk bakso tinggal ditambahkan bahan pelengkap

You Mas Also Like :

stir fry seitan gluten veggies black bean sauce vegetarian recipeChicken skewer kebab recipe spicy tomato salsa chilli saucepan seared scallop blackgarlic chilli oil how seared scallop

beggar chicken chinese recipe step by step popular chinese new year reciperesep sup hisit sirip hiu buddha jump over the wallstir fry lotus root beef pork belly broccoly rosted leftover

About these ads

30 thoughts on “Resep Cara Membuat Gluten (Daging Vegetarian) ala Dentist Chef

  1. kmaren dicobain nih buat glutennya..coz pengen capcay pake kekian n ga punya telor.. ternyata lumayan lama juga ya nyucinya mpe airnya bening..btw, thanks resepnya yah:)

  2. Pingback: Stir Fry Seitan (Gluten/ Vegetarian Meat) in Fermented Black Bean Sauce: Meatless Monday Features! « DENTIST CHEF

    • Nyusutnya parah banget dek, sekilo jadinya cuma sekitar 3 ons……
      klo buat bakso biasanya dibumbuin dulu, dibuletin br direbus,
      klo divakun n difreezer bs tahan lama, tp klo di chiller bs tahan 1-2 mingguan
      makasih ya kunjungannya…

  3. Bos, saya mau tanya gimana caranya memberi rasa pada gluten, masalahnya kemaren saya membuat bakso gluten sudah aku kasi perasa kok tetap tawar rasanya, mohon bimbinganya. sekian trima kasih

  4. Bang dedy,
    makasih resepnya ya..aku sudah coba…aku buat bakso, trus baksonya aku buat jadi bakso bakar..lumyan enak untuk kategori daging palsu..he he he…
    aku sudah posting di blogku, sdh sebutin sumber dan link back ke dentistvschef ya..sekali lagi makasih ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s