Resep Bebek Peking Cah Tausi ala Dentist Chef

 

Daging bebek peking digoreng garing berpadu dengan balutan bumbu tausi yang gurih dan beraroma khas, belum lagi sensasi crunchy labu siam dan bunga bawang. Sungguh sajian yang terasa lezat…..

Bahan:

250 gr danging bebek peking, potong memanjang,
1 butir telur
100 gr tepung bumbu original+ 50 ml angciu
1/2 buah labu siam. potong memanjang
1 sdt tausi , haluskan
1 buah bawang bombay, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang
10 batang bunga bawang, potong memanjang
3 buah cabe rawit hijau, belah dua
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
Cara membuat :
Bebek Goreng Tepung:
# campuran tepung, telur dan angciu, aduk sampai rata, celupkan potongan bebek peking satu persatu
# goreng dengan minyak yang banyak sampai matang dan kecoklatan
Saus Tausi:
# panaskan minyak biji anggur, masukkan bawang putih tumis sampai kecoklatan
# masukkan bawang bombay, labu siam,  cabe rawit dan tumis sampai layu
# masukkan tausi, minyak wijen kecap manis dan air secukupnya, didihkan dan tunggu sampai saus agak mengental
#  Masukkan bebek peking goreng, matikan api dan masukkan  bunga bawang, aduk rata dan sajikan segers

Resep Dimsum Isi Ayam Jamur ala Dentist Chef

Resep Dimsum Isi Ayam Jamur

Dimsum isi / dumpling kukus emang paling enak deh kalau komposisi isi dan kulitnya pas. Kulitnya jangan telalu tebal ataupun tipis, jd ketebalan saay membuat kulitnya harus diperhatikan.
Bahan Kulit Dimsum :
100 gr tepung tang mien
50 gr tepung sagu
1 sdm minyak
1/2 sdt garam
100 ml air mendidih

Bahan isian Dimsum:
300 gr daging ayam cincang
100 gr jamur shitake segar, cincang kasar
100 gr jamur kuping segar, cincang kasar
1 buah bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang
3 buah cabe rawit, cinang halus
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap jamur
1 sdt minyak wijen
1 sdm minyak
50 ml kaldu

Cara Membuat Kulit Dimsum:
# masukkan semua bahan kering, tuang air mendidih, aduk rata
# masukkan minyak dan uleni sampai kalis, bagi menjadi 20 bagian
Isian:
# panaskan minyak, tumis semua bawang dan jamur sampai layu
# matikan api, masukkan daging ayam giling dan semua bahan, aduk rata
Bagi menjadi 20 bagian
Penyelesaian:
# pipihkan 1 bagian kulit dengan diameter 10 cm
# taruh 1 bagian bahan isian ditengah, tutup kulit dengan merimpel bagian tengahnya, agak tekan dan biarkan ujungnya menjuntai
# lakukan sampai semua bahan habis
# kukus selama 15 menit sampai kulit dan isiannya matang
# sajikan dengan sambal cuka ataupun saus sambal

Resep Sup Asparagus Tahu Seafood ala Dentist Chef

Asparagus hijau biasanya  dimasak dengan ditumis,tapi ternyata dimasukin kedalam sup seafood dan tahu encer juga enak loh. Biasanya dalam sup asparagus yang dipakai adalah asparagus putih kalengan, tapi karena aku kurang begitu suka dengan asparagus putih aku makanyaaku  pakai asparagus hijau.

Bahan:
150 gr fillet ikan kakap/kerapu/tenggiri, iris tipis
150 gr kerang bambu
150 gr cumi, iris cincingr
50 gr asparagus, potong2
5 buah bakso udang, potong2
1/2 buah wortel, iris tipis
1 sdm teri nasi/medan goreng
3 buah tomat hijau, belah 6
1 buah tahu sutra, potong kotak2
1 Lt kaldu seafood
1/2 sdt terasi

Bumbu halus:

3 cm jahe, 3 siung bawang putih,  siung bawang  merah, 3 buah cabe merah

Cara membuat:
# panaskan 1 sdm minyak, tumis bumbu halus sampai harum,  tuang dan didihkan kaldu seafood
# masukkan teri, wortel  dan tahu
# masukkan semua fillet ikan, kerang, bakso udang dan cumi, didihkan 2 menit, masukkan asparagus
# matikan api dan masukkan tomat hijau
# sajikan segera

Resep Ikan Saus Padang ala Dentist Chef

Fillet Kerapu yang lembut digoreng garing dengan balutan tepung berbumbu kemudian disiram dengan saus padang yang pedas, wah… bisa2 gak bisa berhenti nambah nih…

bikin sekarang yuk,

Bahan:

400 gr fillet ikan kerapu/gurame/kakap, iris melebar setebal 1,5 cm
1 butir telur
100 gr tepung bumbu original
70 ml angciu
1/2 sdt garam
1 sdt air lemon

Saus Padang Pedas:
1 buah bawang bombay besar, cincang agak halus
7 buah cabe rawit merah, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang
50 gr tomato puree/ pasta tomat
3 sdm saus sambal
3 buah tomat segar, buang biji, cincang halus
7 buah cabe rawit hijau, cincang halus

5 buah cabe hijau, cincang halus

5 buah cabe merah, cincang halus

1 sdm angciu
Cara membuat ikan goreng saus padang:
Fillet kerapu goreng:
# lumuri ikan dengan air lemon dan garam, sisihkan
# campur tepung bumbu, telur dan angciu sampai kental
# celupkan fillet ikan kedalam adonan
# goreng dalam minyak panas yang banyak sampai golden brown
# angkat dan tiriskan
Cara membuat saus padang:
# Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih, bawang bombay dan  semua cabe  sampai harum
# Masukkan cincang tomat, tomat puree dan saus sambal.
# Tuang angciu, masukkan gula dan garam, masukkan air secukupnya dan tunggu sampai saus agak mengental
# Siram saus padang diatasfillet kerapu goreng
# Sajikan segera

Resep Cabe Gendot isi Daging ala Dentist Chef

Resep Cabe Gendot isi Daging ala Dentist Chef

Cabe gendot adalah salah satu varian cabe yang tidak terlalu pedas. Bagi orang Bandung, cabe gendot biasa digunakan untuk masak sehari-hari, tapi buatku cabe gendot itu unik karena jarang/ tidak terlalu dikenal. Penjual yang menyediakan jg cm beberapa supermarket, harganya jg relatif murah menurutku, sekilo Rp.23 rb makanya aku boyong sekitar seperempat kilo, mau dimasak apa, nanti aja dipikirin….


Cabe gendot ini mirip banget sama paprika, tapi daging buahnya lebih tipis dan rasanya lebih pedas dibandingkan paprika, tapi rasanya tidak sepedas cabe keriting. Aku langsung kepikiran cara masak cabe in enaknya diapain ya, mungkin diisi daging giling terus ditumis pakai bumbu saus kecap enak kali ya, jadi pedas manis gurih gimana gitu…..

Bahan:
10 buah cabe gendot, belah dua, buang bijinya, sisihkan
200 gr daging sapi giling
1/2 sdt lada
1 sdm saus tiram
3 siung bawang putih, cincang
1 sdm tepung terigu
1/4 sdt garam
Saus Kecap pedas:
3 buah cabe merah, iris serong tipis
3 buah cabe hijau, iris serong tipis
1/2 bawang bombay, iris memanjang
3 buah bawang putih, cincang
3 cm jahe, iris korek api
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1/4 sdt lada hitam
Air secukupnya

Cara membuat:
# Campur semua bahan isian, bagi menjadi 20 bagian
# isikan kedalam cabe gendot, rapikan tepinya, tekan2 biar gak lepas nantinya setelah dikukus
# kukus sekitar 15 menit smpai matang
Saus:
# panaskan 2 sdm minyak
# tumis bawang putih, jahe dan bawnag bombay sampai layu
# masukkan semua cabe, tumis sampai cabe layu
# masukkan kecap manis, saus tiram dan lada hitam
# masukkan cabe gendot isi daging, tambahkan air secukupnya
# masak sampai air menyusut dan kuah mengental, sajikan segera

Resep Cumi Kalamari Saus Kecombrang Pedas ala Dentist Chef

Resep Kalamari Cumi Saus Kecombrang Pedas ala Dentist Chef

Kalamari atau cumi yang digoreng dengan lapisan tepung roti enaknya dimakan dengan mayonaise dan saus sambal, tp kebetulan kemarin stok kedua condiment itu habis. Aku jadi putar otak untuk membuat saus pendamping kalamarinya. Cek isi kulkas ternyata ada kecombrang, aku langsung buat saus kecombrang yang pedas. Hasil perpaduannya, lezaaatttt!!!!!!

Bahan membuat cumi kalamari:
200 gr cumi2, kupas kulitnya, iris memanjang
50 gr tepung bumbu instan original
70 ml air soda/ angciu/ bir
1 butir putih telur
100 gr tepung roti kasar

Bahan saus kecombrang pedas:
1 buah kecombrang, iris tipis memanjang
1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, cincang
1 sdm minyak biji anggur
7 buah cabe rawit merah, cincang halus
3 buah cabe merah, cincang halus
1 sdm saus tomat
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
larutan maizena secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
Kalamari:
# campur semua bahan kecuali tepung roti
# celupkan cumi kedalam adonan cair
# masukkan kedalam adonan tepung roti, tekan2 biar adonan menempel dengan baik
# goreng dalam minyak yang panas dengan api besar sampai kecoklatan
# angkat dan tiriskan

Saus Kecombrang Pedas:
# panaskan minyak biji anggur dalam wajan
# tumis bawang putih dan semua cabe sampai harum
# masukkan kecombrang, bawang bombay dan saus tomat
# tambahkan air secukupnya, didihkan, bumbui dengan gula dan garam
# masukkan larutan maizena sampai kekentalannya cukup,matikan api
# sajikan saus dengan kalamari goreng

Resep Mie Goreng Sapi Kering Kerontang ala Dentist Chef

Waktu itu ponakanku  yang umurnya 1,5 tahun lagi dateng ke rumah, kebetulan dia lagi mogok makan berkuah (seleranya berubah2 terus, serasa punya private chef aja), aku jadi menyiasatinya dengan membuat mie goreng dengan irisan daging sapi yang ditumis bener2 kering.  Tekniknya diakhir menumis, aku masukkan kocokan telur yang diaduk cepat, jd tekstur mienya kering.  teksturnya u nik karena kering kerontang, sekali2 mengganti tekstur  mie enak juga. Ternyata dia juga suka banget suka loh, sampe waktu makan malam dia minta lagi. ..

hehehe,,,,

sebagai tulang yang baik, aku ngebikin lagi dong. Untung masih kecil (istilah pediatriknya Tidak Mampu Kooperatif), kalo dah gede……

Bahan:

125 gr mie keriting, rebus sesuai petunjuk kemasa, tiriskan

100 gr daging sapi has dalam, iris tipis

1 butir telur, kocok lepas + 1/2 sdt garam

1 sdm saus tiram

1 sdt bawang putih cincang

1 sdm kecap manis

1 sdm kecap asin

sedikit air

1 sdm minyak biji anggur

Cara membuat:

# panaskan minyak biji anggur, tumis bawang putih sampai kecoklatan

# masukkan daging sapi dan saus tiram, aduk sampai daging berubah warna, tambahkan air sedikit, tutup wajan sampai daging matang

# masukkan kecap asin lalu masukkan mie keriting, aduk selama 2 menit sampai bumbu terserap

#  tuang telur perlahan dan aduk cepat agar terbentuk serabut telur yang halus

# setelah mie menjadi kering, matikan api

# mie goreng sapi kering kerontang siap dihidangkan

Resep Fillet Kerapu Goreng Saus Tomat Pedas

Resep Fillet Kerapu Goreng Saus Tomat Pedas

Fillet Kerapu ukuran besar yang digoreng dengan balutan kuning telur asin berpadu dengan kuah kental dari tomat yang asam manis pedas legit. Sajian ini cocok dihidangkan pada saat moment spesial karena rasanya dijamin luar biasa lezat

Bahan:
Ikan Kerapu Goreng Balut Telur Asin :
700 gr fillet ikan kerapu, potong 6-7 bagian ukuran besar
2 buah kuning telur asin, haluskan
blender bagian putih telur asin
100 gr tepung bumbu original
70 ml angciu
1/2 sdt garam
1 sdt air lemon
Saus Tomat Pedas:
1 buah bawang bombay besar, cincang agak halus
7 buah cabe rawit merah, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang
50 gr tomato puree/ pasta tomat
3 sdm saus tomat
3 buah tomat segar, buang biji, cincang halus
1 sdm madu
1/2 sdt garam
100 ml angciu
Cara membuat:
Fillet kerapu goreng:
# lumuri ikan dengan air lemon dan garam, sisihkan
# campur tepung bumbu, kuning telur dan angciu sampai kental
# celupkan fillet ikan kedalam adonan, balurkan ke putih telur asin
# goreng dalam minyak panas yang banyak sampai golden brown
# angkat dan tiriskan
Saus:
# Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih, bawang bombay dan cabe rawit sampai kecoklatan
# Masukkan cincang tomat, tomat puree dan saus tomat.
# tuang angciu, masukkan gula dan madu, kentalkan dengan larutan maizena
# masukkan fillet kerapu goreng
# sajikan segera

Resep Dimsum Bakpao Mawar (step by step) ala Dentist Chef

Resep Dimsum Bakpao Mawar (step by step) ala Dentist Chef

Penasaran banget sama bakpao berbentuk mawar yang cantik sampai sayang buat makannya, setelah googling, ternyata pembuatannya tidak terlalu susah, cm butuh kesabaran membentuk kelopak mawarnya satu persatu


Bahan :
250 gr terigu serbaguna
100 gr tepung tang mien
1 sdm minyak biji anggur
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1 butir telur
1 sdt ragi instan
Air secukupnya
Isiannya suka2, boleh coklat blok, pasta lotus, pasta kacang merah ataupun AYAM SZECHUAN ALA DENTIST CHEF
Cara membuat:
# Campur semua bahan kering, aduk rata
# masukkan bahan cair, aduk sampai kalis dan adonan tidak mudah sobek kalau dilebarkan
# tambahkan minyak biji anggur, uleni lagi, istirahatkan 30 menit sampai mengembang 2 kali lipat di wadah yang ditutupi serbet basah
# bagi adonan menjadi 10 bagian sama rata
# pipihkan adonan menjadi bulat berdiameter 10 cm


# potong 6 bagian jari-jari tidak sampai putus ditengah


# isi adonan isian ditengah2, lipa tkedua bagian berhadapan seperti di foto, jangan sampai tetutup sempurna biar isiannya sedikit mengintip keluar


# ujung kelopaknya di tekuk keluar, lalu lipat membentuk kelopak bunga, sembunyikan ujungnya di bagian bawah


# lanjutkan membentuk kelopak mawar pada arah yang berlawanan seperti pada foto


# setelah selesai semua kelopak, jadilah bakpao berbentuk mawar

# spray permukaan bakpau dengan sedikit air hangat
# istirahatkan lagi 15-20 menit sampai adonan mengembang kembali
# kukus dengan api besar selama 15 menit sampai matang
# sajikan segera

Resep Cumi Goreng Tepung ala Dentist Chef

Cumi goreng tepung memang tricky membuatnya. kalau terlalu lama menggoreng, cuminya jadi alot kayak karet, tp kalau kurang lama menggorengnya, kulitnya jadi lembek dan berminyak. Jadi tipsnya dalam mengoreng cumi adalam penggunaan minyak yang banyak dan api yang besar. Pastikan minyak benar2 panas biar kulit tepungnya garing dan cuminya tetap lembut dan juicy…..

Bahan:

3 ekor cumi sero, bersihkan, buang kulit arinya, potong dan kerat2 dagingnya biar tepungnya nempel, lumuri 1/2 sdt garam

100 gr tepung bumbu instan
1 butir telur
100 gr tepung beras
500 ml minyak goreng
Air soda atau bir secukupnya, sampai kekentalannya pas…. Pake feeling yach( aku pake angciu)

Cara membuat:
* Campur tepung bumbu, air soda dan telur sampai cukup kental
* Celupkan cumi dalam adonan tepung lalu dibaluri tepung beras
* Goreng sampai matang dan kering, tiriskan
* Sajikan dengan saus sambal ataupun mayones

Resep Bihun Bebek Goreng ala Dentist Chef

Resep Bihun Bebek Goreng ala Dentist Chef

Bihun bebek adalah salah satu menu khas peranakan. Bihunnya diberi bumbu dan taburan potongan daging bebek, kucai dan daun bawang serta bubuk bawang putih goreng. Tapi berhubung permintaan dari keluarga yang kurang begitu suka dengan bihun berkuah, aku memasaknya kering.

Bahan:
250 gr bihun jagung, rebus sesuai petunjuk kemasan, tiriskan
300 gr dada bebek peking, pisahkan daging dan kulit+ lemaknya,
Iris tipis dagingnya, sisihkan
Cincang kulit dan lemaknya untuk ditumis
2 sdm bawang putih cincang
1/2 buah bawang bombay
3 cabe hijau besar, iris serong tipis
2 sdm saus tiram
2 sdm saus hoisin Lee Kum Kee
1 sdm kecap asin
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdm bawang putih goreng untuk taburan, haluskan
Kucai secukupnya, potong2
Daun bawang, iris tipis
1 sdt minyak wijen
1 sdm minyak biji anggur

Cara membuat:
# panaskan minyak biji anggur, tumis kulit dan lemak bebek sampai lemaknya lumer
# masukkan bawang putih, bawang bombay dan cabe hijau, tumis sampai kecoklatan
#masukkan daging bebek, aduk smpai berubah warna, masukkan saus tiram, kecap, saus hoisin, kaldu bubuk dan tambahkan air secukupnya, tutup wajan
# kecilkan api, masukkan bihun dan aduk cepat, terakhir masukkan minyak wijen, aduk lagi
# sajikan dengan taburan kucai, daun bawang dan bawang putih goreng

Resep Ngohiang Sapi ala Dentist Chef

Ngohiang atau sejenis chinese sausage yang kulitnya terbuat dari kulit tahu. Sangat  pas sebagai lauk sarapan karena mudah menyajikannya, tinggal digoreng, jadi deh.

Kali ini aku kepengen ngohiang yang full daging  tanpa tambahan sayuran apapu biar lebih tahan lama di freezer

Bahan

500 gr daging Sapi giling

300 gr daging ayam giling

20 siung bawang putih, potong kotak2 kecil

2 batang daun bawang, iris halus

100 gr tepung ketan

1 butir telur

1/2  sdt lada bubuk

1 sdt ngo hiang bubuk

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

2 sdm saus tiram

1 sdm minyak wijen

6 lembar kembang tahu

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Campurkan daging sapi dan daging ayam, tambahkan telur, garam, bawang putih, lada bubuk, minyak wijen dan saus tiram. Uleni adonan hingga adonan terasa lembut ditangan.

2. Tambahkan tepung ketan dan daun bawang. Aduk sampai tercampur rata. Bagi adonan menjadi 6 bagian.

3.  Basahi permukaan  kembang tahu dalam air dingin biar menjadi lembut. Tiriskan dan bentangkan di atas talenan. Taruh satu bagian adonan di atasnya, ratakan dan gulung perlahan hingga padat. Rapikan kedua ujungnya.. Kukus selama 30 menit, angkat dan dinginkan.

4.. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Potong-potong dan sajikan dengan saus sambal/saus cuka.

Resep Ngohiong Masak Kecap

Resep Ngohiong Masak Kecap

Lagi musim hujan pengen ngemil yang panas berkuah, kebetulan di freezer ada NGOHIANG DAGING SAPI ALA DENTIST CHEF. Aku jadi membuat ngohiang masak kecap dengan kuah encer dengan tambahan irisan cabe hijau sebagai pemberi sensasi rasa pedas.Menu ini juga cocok sebagai lauk makan siang…..
Bahan :
2 lonjor NGOHIANG DAGING SAPI ALA DENTIST CHEF, potong2
1/2 bawang bombay, iris tipis memanjang
2 buah cabe hijau besar, iris serong tipis
1 sdm minyak biji anggur
1 sdt kaldu bubuk
1 buah bunga pekak/star anis
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap hitam premium Lee Kum Kee
1 sdm kecap manis
1,5 lt Air
Cara Membuat :
# Panaskan minyak biji anggur, tumis bawang bombay dan cabe hiaju sampai layu
# masukkan air, didihkan
# bumbui dengan kecap, kaldu dan saus tiram, bunga pekak
# masukkan ngohiang
# tunggu sampai bumbu terserap
# sajikan dengan taburan tomat, bawang goreng dan irisan daun bawang

Resep Kari Ikan Szechuan ala Dentist Chef

Resep Kari Ikan Szechuan ala Dentist Chef

Fillet gurame bagian perut yang gurih dan berlemak dimasak kari dengan tambahan lada szechuan. Sungguh sajian spesial yang siap memanjakan lidah anda

Bahan:
4 potongan besar fillet gurame bagian perut, lumuri dengan air lemon dan garam
2 buah cabe kering, belah dua
1 buah cabe merah besar, belah empat
50 ml santan kental
Air secukupnya
1 batang Sereh, geprek
1/2 sdt garam
Bumbu halus:
4 cabe keriting
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe
1/2 sdt lada szechuan/ andaliman
1/2 sdt bubuk kari merah
Cara membuat:
# panaskan 1 sdm minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan semua cabe dan sereh
# masukkan santan kental dan air secukupnya, didihkan
# masukkan perut ikan, bumbui dengan garam
# masak sampai daging ikan matang
Sajikan segera

Resep Spaghetti Oriental ala Dentist Chef

Resep Spaghetti Oriental ala Dentist Chef   Spaghetti biasanya dimasak dengan saus western yang berbahan daging, tomat, krim ataupun dengan herbs. Tapi kali ini aku mencoba memasaknya ala oriental atau chinese style. Penggunaan saus tiram dan bawang putih goreng serta minyak wijen adalah kunci kelezatan sajian ini…….. Bahan: 125 gr spaghetti, rebus sesuai petunjuk kemasan 5 buah jamur kancing, iris tipis 2 buah jamur shitake/hioko, iris tipis 50 gr udang kupas 50 gr jamur kuping, potong2 5 buah bakso ikan, iris tipis 5 bakso sapi, iris tipis 50 gr baby kailan, lepas dr kuntumnya 50 gr sawi putih, potong2 1 sdm bawang putih goreng, haluskan 1 sdm saus tiram 1 sdt minyak wijen 1 sdm minyak biji anggur 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 1/4 sdt lada Cara Membuat : # panaskan minyak biji anggur, tumis bawang bombay sampai kecoklatan # masukkan semua jamur, udang, dan bakso # masukkan bumbu2, tambahkan air secukupnya, lalu masukkan sayuran, tutup wajan # setelah sayuran layu, masukkan spaghetti dan aduk sampai kuah mengental # sajikan segera……

You may Also Like :

recipe chicken parmigiano cheese raviolismoked oyster pasta recipe rotini appetizer starter oyster reciperecipe pasta spaghetti con le sarde pasta ikan dentist chefSquid ink pasta mussle recipe tomato saucePappardelle pasta thai style beefResep Butter Poached Salmon & Sliced Jalapeno's Aglio Olio Spaghetti