Resep sup ayam hitam/kapas susu kedelai a.k.a silkie chicken with soya milk recipe

 

Resep ayam hitam lagi nih…..
Kali ini ayam hitam aku masak dengan sup denagn tambahan susu kedelai yang pastinya menyehatkan. Tp pembuatan hidangan ini membutuhkan trik khusus karena kalau salah teknik bisa2 susu kedelainya pecah dan mengendap. Protein kedelai akan denaturasu kalo dipanaskan dalam waktu yang lama, jd kemungkinan nutrisinya hilang akan semakin besar….
Jd mari mulai memasak dengan teknik yang benar !!!!

Bahan:
1 ekor ayam hitam/ ayam kapas, potong2
500 ml susu kedelai kental
5 cm jahe, iris tipis
3 buah jamur hioko, rendam, potong2
6 siung bawang putih, haluskan
1 sdt lada bubuk
10 siung bawang merah, haluskan
2 buah kentang, kupas, potong2
100 gr kacang kedelai, rendam semalaman, kupas/ kulitnya dan rebus(pake yang kalengan jg boleh, biar lbh praktis)
700 ml air
2 buah biji pekak
1 sdt garam
1 kaldu blok
1 sdm minyak goreng
Cara membuat
Panaskan minyak di dalam panci, tumis campuran bawang putih dan bawang merah sebentar, masukkan air dan tunggu sampai mendidih
Masukkan ayam, kentang,jamur hioko, garam, lada, kaldu blok dan biji pekak
tutup panci dan tunggu sampai air jadi berkurang setengahnya dan masukkan susu kedelai, didihkan sebentar dan hidangkan
Sajikan hangat
#tips: jangan campurkan susu kedelai jika belum segera dihidangkan, karena pemanasan yang berulang-ulang bs menjadikan susu menggumpal dan mengendap

Advertisements

resep kembang kol saus selat a.k.a cauliflower with continental sauce

Kembang kol enaknya dimasak dengan saus yang asin gurih…..
Tapi di resep ini aku gak pake ikan segar, tapi pake abon ikan dan ikan asin kakap(fillet). Biar makin mantap, aku tambahin udang sisa dr freezer
Bahan:
1 kuntum kembang kol, potong2
50 gr fillet kakap asin (dr carrefour), iris tipis
50 gr abon ikan,
3 siung bawang putih, cincang
1/2 sdt gula
1 sdm minyak goreng
Air secukupnya
1 sdt maizena, larutkan 1 sdm air
Cara membuat :
blansir kembang kol sampai setengah matang, tiriskan
Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih sampai harum
Masukkan ikan asin, dan tumis sebentar,tambahkan air
Masukkan abon ikan dan udang, tunggu sampai meletup2
Tambahkan maizena dan tunggu sampai saus mengental
Tuang diatas kembang kol, sajikan…..

You may also like :

stir fry seitan gluten veggies black bean sauce vegetarian recipespring onion scallion pancake chinese japanese pancake recipe step by stepresep kailan daging sapi siram dentist chef

resep sapi cah brokoli beef broccoliStuffed Roasted Baby Chicken Reciperesep lindung cah fumak

resep iga bakar saus jamur oriental

Iga bakar berpadu dengan saus jamur ala oriental emang pas buat makan siang spesial…

Yuk kitaa bikin skrg…..

Bahan:

500 gr iga sapi impor, lebih empuk soalnya

Diungkep dgn 1 sdt garam dan 1 sdt lada, tiriskan

100 gr jamur kancing segar, potong2

5 siung bawang putih, cincang

3 sdm oyster sauce LKK

2 sdm hoisin sauce LKK

1 buah bawang bombay, iris memanjang

1 sdm minyak wijen

1 sdm minyak sayur

Cara membuat:

Grill iga sapi dengan 1 sdt oyster sauce yg diencerkan dengan 1 sdm air….

Saus:

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay

Masukkan jamur dan sisa saus tiram

Masukkan saus hoisin, tambahkam air, minyak wijen dan kentalkan dengan larutan maizena

Tuang diatas iga bakar

Sajikan hangat2

You May Also Like :

roasted ribs iga bakar rica rica spicy asian sauceIGA SAPI CABE HIJAU BAKAR BUMBU CABE IJOiga sapi penyet bakar ala dentist chef

resep india bumbu garam masalarecipe blackpepper honey venison deerresep daging rusa masak bumbu wijen jamur

Resep Ayam Kecombrang pedas a.k.a hot spicy ginger torch chicken

Hmmm…..
Kepikiran terus mau dimasak apa ayam yang hampir seminggu di freezer, kebetulan wkt mampir di superindo IP, Plg, nemuin kecombrang…
Murah pulak, seikat Rp.1500 isinya 3 batang dgn bunga, satu berukuran cukup besar dan yang dua laginya berukuran kecil, bunganya yang berwarna pink menjadi salah satu daya tarik tanaman suku jahe-jahean ini. Selain rasanya yang asam segar, aromanya mampu membangkitkan selera makan. Jadi akhirnya aku memutuskan mengolah ayam tersebut dengan saus kecombrang pedas.


Bahan:
6 buah paha atas dan bawah ayam, potong dua, cuci bersih
bumbu ayam:
3 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt kunyit bubuk
1 batang kecombrang, ambil putihnya, geprek,
Saus kecombrang:
2 buah bunga kecombrang,iris memanjang
1 sdm saus tiram
G buah cabe merah besar, buang bijinya
10 buah cabe rawit merah, biar pedas
6 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 cm jahe
Gula,garam,penyedap rasa secukupnya
Air secukupnya
Cara membuat:
ayam :
Haluskan semua bahan, lumuri ikan dengan bumbu halus, dimkan sekitar setengah jam, ungkap sampai matang dan airnya habis
Goreng hingga agak kering
Saus :
haluskan bumbu(kecuali kecombrang)
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu sampai harum,
Tambahkan saus tiram dan air, tunggu sampai meletup letup
Masukkan ayam dan kecombrang, tunggu sampai bumbu menyatu dengan ayam
Hidangkan.

Spaghetti ayam asap / smoked chicken spaghetti

smoked chichen recipe
Spaghetti al dente berpadu dengan tumisan ayam asap dengan cincangan sun-dried tomatoes (manisan tomat yang dikeringkan) dan tomato puree. Aroma asap pada ayam menyatu dengan rasa asam legit sun dried tomatoes menjadikannya masakan ini sangat istimewa
Bahan :
250 gr spaghetti, rebus sesuai petunjuk kemasan
1 sdm minyak biji anggur
150 gr daging ayam asap, potong dadu
50 gr sun-dried tomatoes / tomat kering, cincang kasar
2 sdm tomatoes puree
1 sdm saus tomat
3 siung bawang putih, cincang
Daun dill secukupnya, cincang
Daun parsley secukupnya, cincang
1 buah kaldu blok
Garam 1 sdt
Lada 1/2 sdt
Cara Membuat :
Panaskan minyak biji anggur, tumis bawang putih sampai harum
Masukkan ayam asap, sun dried tomatoes dan tumis sebentar
Masukkan tomat puree, saus tomat dan tambah sedikit air, lalu masukkan kaldu bubuk dan daun parsley serta daun dill segar
setelah agak mengental, masukkan spaghetti dan aduk cepat
Sajikan dengan taburan daun dill

You may Also Like :

recipe chicken parmigiano cheese raviolismoked oyster pasta recipe rotini appetizer starter oyster reciperecipe pasta spaghetti con le sarde pasta ikan dentist chefSquid ink pasta mussle recipe tomato saucePappardelle pasta thai style beefResep Butter Poached Salmon & Sliced Jalapeno's Aglio Olio Spaghetti

Resep Gulai / Kari Telur Ikan Kakap a.k.a Snapper’s Fish Eggs Curry

telur ikan kakap

Tadi ngeliat ada telur ikan yang lumayan besar di supermarket langganan, bentuknya lonjong, warnanya kuning2 pink dan udah rapi di wrapping, mentahnya aja dah kliatan enak, trus waktu diangkat, gak kcium aroma anyir, ya langsung kuangkat
Total kerusakan Rp. 24rb buat 400 gr telur ikan kakap……


Bahan :
402,07 gr telur ikan kakap ( kurang enak kalo kurang atau lebih dr berat itu, hahahaha), lumuri sedikit jeruk nipis dan belah dua sce perlahan biar bumbu meresap
100 ml santan kental
10 buah cabe merah, 5 buah dibelah dua
5 buah cabe hijau, belah dua
4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 buah tomat, potong2
1 batang kecombrang, ambil putihnya, potong2
1/4 bawang bombay, potongt
3 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 sdm minyak sayur
Cara membuat:
Belender 5 buah cabe merah, bawang putih, bawang merah dan jahe
Panaskan minyak, tumis bumbu sampai matang, tambahkan bahan2 lain dan aduk sampai matang dan mengental
Sajikan dengan nasi hangat, pasti bakalan nambah dan nambah lagi
# tips: beli telur ikan DALAM KEADAAN SEGAR, klo anyir jangan dibeli, soalnya pasti kalo susah matang rasanya gak enak walau bau anyirnya bisa hilang