resep hakau udang ala dentist chef

Terpesona dengan keindahan dimsum hakau di Agraha Hotel, jln Veteran Palembang, membuatku bertekad untuk membuat dimsum hakau.  Kulitnya bening, jd isian udangnya membias(translucent)….

Setelah googling, ternyata bagian tersulit dan paling menetukan untuk menghasilkan kulit hakau yang transparan adalah tingkat kematangan tepung tangmiennya saat dicampur air panas, pastikan bahwa air benar2 mendidih saat dicampur, tp jgn lupa diaduknya dengan spatula, klo enggak nanti tangannya ikut matang…

hehe

walaupun hasilnya gak sebagus dimsum resto, tp rasanya mirip2 lah

Bahan-bahan:
Bahan :
Adonan kulit :
150 gr tepung ten mien
200 cc air mendidih
1 sdm minyak sayur

Adonan isi :
250 gr udang kupas, cincang
1 sdt garam halus
1 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm minyak wijen.
1 sdm maizena


Cara membuat :
Adonan kulit:

siram tepung ten mien dengan air mendidih, aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata. Masukkan minyak sayur, aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi licin.
Adonan isi: campur semua bahan untuk isi jadi satu hingga rata.
3. Ambil adonan kulit secukupnya, tipiskan, lalu di bentuk bulat dan bergelombang. Isi dengan adonan udang, lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Kukus selama ± 10 menit hingga matang dan menghasilkan hakau yang transparan.

Advertisements

Resep Pindang Tulang Khas Palembang ala Dentist Chef

PINDANG TULANG PALEMBANG

resep pindang tulang palembang enak

Resep Pindang Tulang Palembang

Pindang tulang merupakan salah satu warisan kuliner nusantara yang cukup populer. Pindang Palembang berbeda dengan pindang di daerah jawa yang merupkan cara untuk mengawetkan ikan. Pindang  palembang adalah hidangan berkuah asam pedas dengan tendangan bumbu yang cukup kuat.

resep sup iga sapi pedas pindang

Resep Pindang Tulang Sapi Khas Palembang

Resep Pindang Tulang khas Palembang:

Bahan:

  • 500 gr  iga sapi impor( biar lbh empuk)
  • 5 siung bawang merah, iris
  • 7 cm jahe, iris
  • 5 cm laos,iris
  • 5 cm kunyit,iris
  • 5  siung bawang putih, iris
  • 1 batang sereh digeprek
  • 8 buah cabe merah, memarkan
  • 5  buah cabe rawit utuh
  • 3 buah asam cekala*optional, belah dua
  • 1 sdm asam jawa
  • Daun bawang dipotong 5 cm
  • Tomat cerry, belah dua
  • Daun kemangi yang sudah dipetik 1 genggam
  • Bawang goreng
  • Bumbu dihaluskan:
  • 5 siung bawang merah, bawang putih, 1o buah cabe merah

Cara membuat:

1. Rebus tulang iga sampai empuk.

2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, bawang iris, jahe, laos, kunyit dan sereh sampai wangi.

3. Masukkan ke dalam panci yang berisi tulang iga, masukkan asam jawa, rebus kembali sampai bumbu meresap, jangan lupa kasih garam

4  Tambah air secukupnya.

3. Sebelum diangkat masukkan cabe rawit dan cabe merah.

4. Taruh di mangkuk saji, beri daun bawang, tomat, kemangi, bawang goreng. Sajikan hangat, biar lebih sedap.

pindang sapi palembang enak

You may also like :

resep pindang udang palembang udang galah satang sungairesep gulai ikan salai baungresep gulai umbut kelapa

resep ikan belido belida gulai tempoyakpepes patin tempoyak palembangresep pindang ikan salai baung

Resep Brokoli Saus Keju Putih ala Dentist Chef

Sayur Brokoli kaya akan kalsium, jd sajian ini cocok buat anda yang merasa asupan kalsiumnya kurang.

Takutnya nanti kena osteoporosis dini, dan gigi yang rentan pd karies/ gigi berlubang

cobain deh resep ini, pasti anak anda yang tidak suka sayuran jd doyan, soalnya ada godaan gurih saus keju putihnya…

 

Bahan:
300 g brokoli, potong2, blansir, sisihkan

2 sdm mentega

1 sdm butter

2 bawang putih, cincang

1 sdm tepung terigu

150 ml krim/ susu cair

1/2 sdt merica hitam

1 sdt garam

50 gram keju cheddar parut

50 g keju mozzarella, potong2

Cara membuat:
# Panaskan margarin dan butter
# Tumis bawang putih hingga layu.
# Taburi tepung terigu, aduk hingga rata.
# Tuangi susu, keju, tambahkan merica, garam dan keju. Didihkan hingga kental.

# Tuang ke dalam piring saji berisi brokoli.
# Sajikan segera

Note : lebih enak kalo sausnya ditambahin daging ayam asap…..

Resep Bakso Ikan Goreng Saus Asam Pedas(Spicy Sour Fried Fishballs Recipe)

Sore2 pengen cemilan yang agak berat buat tambahan energi abis aktivitas seharian ?
Protein ikan kan lebih gampang dicerna, makanya aku pikih bakso ikan goreng, dicocol sm sambel emang udah enak, tp klo dikuahin yang asem2 pedes, jd tambah spesial deh……
Bahan:
Adonan bakso:
350 gr fillet ikan kakap, blender
150 gr udang, kupas, blender
2 butir telur
3 batang daun bawang, cincang kasar
1 buah wortel, cincang kasar
1 sdm kucai, cincang
50 gr labu siam, cincang kasar ( boleh diganti bengkoang)
1 blok kaldu ayam
50 gr sagu
1 sdm terigu
5 sdm santan / susu
Garam, gula, minyak wijen dan saus tiram secukupnya
Kuah:
1 buah labu siam, potong memanjang
3 sdm saus sambal
3 bawang putih, cincang, goreng
5 buah cabe rawit, haluskan
1 sdm air lemon
1 sdm gula
1 sdt garam
1 kaldu blok
2 L air
Cara Membuat :
Bakso: campur semua bahan, uleni sampai bisa dibentuk dengan 2 buah sendok
Goreng dalam minyak yang banyak dengan api kecil
kuah:
Campur semua bahan, didihkan
Sajikan dengan nasi hangat jg enak, jd lauk
Dimakan langsung jg enak !

Resep Toge Cah Sapi (stir fry bean sprout with beef)

Balik dr gereja rencananya mo makan di tempat langganan….
Tenda chinese food di samping Bank Indonesia, Palembang. Kebetulan waktu masuk tenda aku gak sengaja ngeliat si koko lg numis tauge pake aksi akrobat api yg gede….
Jd kepengan, lgs aku pesen…
dah nunggu lama n main coursenya dah dateng tp sayurny belum nongol2…
Eh tiba2 encik2 asistenny ksi atu klo toge yang td itu adalah stok yang terakhir
GUBRAK!!!!!!
A@c;JJH#D6mZz5!!!!!!!!!!
T_T
Besoknya jd kpikiran msk menu ini, takut efek “tarhirim” klo org batak bilang…

Bahan:
300 gr toge yang besar, buang akarnya
100 gram sirloin, iris tipis
1 sdm saus tiram
1 sdm angciu
1 sdt kecap asin
3 buah bawang putih, cincang
1 sdm minyal
Air secukupnya
1/4 sdt maizena, larutkan dgn 1 sdt air
Cara membuat
Rendam irisan daging sapi dengan angciu, kecap asin dan saus tiram
Panaskan minyak, masukkan bawang putih, tumis sampai kecoklatan
Masukkan campuran sapi dengan rendamannya tambahkan air secukupnya, tutup panci sampai daging sapi matang
Masukkan toge dan aduk sebentar
Kentalkan dengan maizena
Sajikan segera…….
Slamat makaNNNNNNN !!!!!!!!!

Resep Gurame Saus Kacang Kedelai

Fillet gurame digoreng tepung, ditaburi saus kacang kedelai yang gurih Pedas…….

 

Bahan:

300 gram fillet ikan gurame, rendam dengan 1 sdt air jeruk nipis

5 sdm tepung bumbu, laritkan dengan 3 sdm air

1 sdt jahe cincang

minyak secukupnys

Saus :

1 kaleng kecil baked bean (merk ayam brand), bs jg pake 5 sdm kedelai yg direndam semalaman, dikupas dan di kukus sampai lembut

1 sdm bawang putih cincang

2 sdm cabe cincang

1 buah bawang bombay, potong memanjang

1 sdm saus cabe

1 sdm saus tomat

Fillet Gurame Goreng

cara membuat

  1. marinasi fillet ikan dengan air jeruk nipis dan jahe
  2. belah fillet ikan dari atas dan jangan sampai putus
  3. lumuri dengan cmpuran tepung bumbu instan
  4. goreng dengan minyak panas sampai matang dan kecoklatan. tiriskan

Saus:

  1. panaskan minyak saur, tumis bawang putih dan bawang bombay
  2. masukkan cabe dan tunggu sampai cabe matang
  3. masukkan baked bean, saus cabe dan saus sambal dan air
  4. bumbui sesuai selera
  5. tunggu sampai saus mengental
  6. siram diatas fillet gurame goreng