Resep Tendeloin Steak with Dentist’s Chef barbeque sauce

Sebenarnya aku dah lama bikin steak ini, kemaren wkt liat foto2 di lapto aku nemuin foto ini…. Tinggal edit bentar, trus update di blog ini
Seingatku aku make daging tenderloin impor dari New Zealand
Rasa dagingnya gurih, teksturnya empuk bener, gak perlu susah2 buat ngunyah sambil menyeringai, haha
Buat sausnya aku bikin sendiri krn tanggung kalo mau beli saus barbeque yang botolan, kalo kata kakakku,

sebenarnya kalo dagingnya bagus dan masaknya pas, tanpa saus pun pasti dah enak.

Aku milih grill daging steaknya dengan tingkat kematangan medium well done, biar dagingnya tetap juicy tp, cukup matang


Bahan :
2 @220 gr Tenderloin Steak ( ketebalan 3 cm)
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada
3 sdm minyak biji anggur(aku pake merk boarges)
1/2 sdt rosemarry kering
1/2 sdt thyme kering
1/2 sdt daun dill segar
Saus:

3 siung bawang putih, cincang

1 buah bawang  bombay, cincang

1 sdt kaldu bubuk premium

1 sdt brown sugar

1/4 cup red wine (aku pake anggur kolesom cap Orang Tua), boleh diganti ang ciu kok

Pelengkap:
Kentang goreng, mixed veggies suka2 yg diblansir dan ditunis sebentar dengan butter
Cara membuat:

# Banting2 potongan daging di telenan/ pukul pake meat hammer (biar empuk),keringkan permukaannya dengan tissu

# Lumuri dengan thyme, daun dill, rosemarry, garam,1 sdm minyak anggur, diamkan 30 menit ( aku 12 jam)

# Singkirkan bahan perendam sampai bersih

# Panaskan 2 sdm minyak biji anggur, grill daging selama +- 3 menit satu sisi, balik, grill lagi selama 2 menit, angkat

Saus Barbeque ala dentist Chef :

# Panaskan sisa minyak bekas memasak daging

# Tumis semua bawang sampai kecoklatan, masukkan red wine, brown sugar dan kaldu bubuk

# matikan api, masukkan air dingin secukupnya, blender sampai halus

# masak kembali sampai saus mengental

Penyelesaian :

susun sayuran  dan kentang goreng dalam piring saji, taruh potongan steak dan siram dengan sausnya…..

Bon Apetit !!!!!!

Advertisements

2 thoughts on “Resep Tendeloin Steak with Dentist’s Chef barbeque sauce

    • actually it taste preety f**k’in good too……
      *Narsis*
      Tipsnya jgn lupa trimming dagingnya dulu, trus waktu di grill jgn sering dibalik2 n jgn ditekan biar juice dagingnya gak kluar…
      klo aku pilih medium well done, jd dagingnya msh agak kemerahan ditengahnya……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s