Resep Kailan Siram Udang Szechuan Pedas ala Dentist Chef

Resep Kailan Siram Udang Szechuan Pedas ala Dentist Chef

Sayur kailan yang renyah berpadu dengan siraman saus udang ala szechuan yang pedas pasti memanjakan lidah anda. Lada szechuan atau andaliman membuat sensagi pedas getir yang membuat lidah anda parastesi atau terasa membal dan membuat tenggorokan hangat. Apalagi kalu kondisi anda sedang tidak fit atau pilek, sajian ini dapat melegakan saluran nafas anda.


Bahan:
1 ikat sayur Kailan,potong2
Saus Udang Szechuan:
150 gr udang kupas ukuran kecil
3 siung bawang putih, cincang
3 buah cabe rawit merah, cincang halus
1/2 sdt lada szechuan/ andaliman
1 sdm saus sambal
1/2 sdm saus tiram
1 sdm minyak biji anggur
Cara Membuat:
# blansir kailan (di celup2 sebentar dalam air mendidih), selagi panas bumbui dengan lada dan garam secukupnya, susun diatas piring saji
# panaskan minyak, tumis bawang putih dan cabe sampai harum
# masukkan udang dan semua bahan, tumis sampai udang berubah warna
# tambahkan air secukupnya, matikan api
# siram diatas kailan yang sudah diblansir

#aduk rata sebelum dimakan…

You may also like :

stir fry seitan gluten veggies black bean sauce vegetarian recipespring onion scallion pancake chinese japanese pancake recipe step by stepresep kailan daging sapi siram dentist chef

resep sapi cah brokoli beef broccoliStuffed Roasted Baby Chicken Reciperesep lindung cah fumak

Advertisements

Resep Lontong Kikil Khas Surabaya ala Dentist Chef

Resep Lontong Kikil Surabaya ala Dentist Chef

Warung Soto Ambengan di jl R. Sukamto Palembang menyediakan salah satu makanan khas Surabaya favoritku, Lontong kikil yang lekker banget. Potongan kikil sapi yang kenyal dengan kuah santan yang gurih berpadu dengan potongan lontong dan ditaburi bawang goreng dan irisan daun bawang serta kucai. Kebanyangkan kelezatannya


Aku jadi kepikiran membuat sendiri Dan waktu belanja bahan di pasar, si tukang daging bilang kalau lontong kikil lebih enak pakai kaki sapi (ya iyalah….. hrgnya aja beda, bisa aja si abang2 biar dagangannya laku), trus aku dikasih bonus sekitar 100 gr daging kepala dan tetelan. Kakinya sudah di direbus dan dipotong2 dan tinggal dimasak begitu sampai dirumah…..
Bahan:
Lontong secukupnya
500 gr kaki sapi rebus, potong2
100 gr daging kepala/ tetelan
4 lt santan encer dari 1 butir kelapa
5 butir telur rebus, kupas dan belah dua
Bumbu halus:
8 buah bawang merah
10 buah cabe merah
6 siung bawang putih
3 cm jahe
3 buah sereh, ambil putihnya
3 cm lengkuas
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar
1/2 sdt lada
Taburan:
Bawang goreng
Kucai
Daun bawang
Cara membuat:
# panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus sampai harum
# masukkan tetelan dan kaki sapi, tumis sebentar
# masukkan santan, aduk terus sampai menidih
# kecilkan api dan masak sampai kaki sapi dan tetelan empuk
# susun lontong dan telur di mangkuk saji, siram dengan kuah lontong dan potongan kaki sapi serta sedikit tetelan sapi
# taburi dengan bawang goreng, kucai dan daun bawang
# sajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis

Resep Steak Ikan Pari Saus Barbeque ala Dentist Chef

Waktu belanja di spm langganan kebetulan ada baby stingray fish atau ikan pari kecil. Agak ragu untuk membelinya soalnya gak tau cara mengolahnya, tp waktu tanya karyawannya, ternyata enaknya ukan pari ukuran kecil dijadikan steak atau dimasak penyet ala Surabaya. Buat coba2 aku beli satu yg beratnya sekitar 300 gr, bagian mata dan insangnya yang agak scarry aku minta dibuang dan lgs dibawa pulang deh…..
Bahan:
1 ekor ikan pari/ iwak pe kecil, lumuri dengan 1 sdm air lemon dan garam secukupnya
Saus barbeque:
1 buah bawang bombay kecil, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 cm jahe, cincang kasar
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
2 sdm pasta tomat
2 sdm saus sambal
1 sdt cabe giling
1 sdm minyak
1 sdm palm sugar
3 sdm saus tomat
1 sdt bubuk cabai
Cara membuat:
Saus Barbeque:
#panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan semua bahan, matikan api, dinginkan dan blender sampai halus
# kembalikan ke wajan dan masak sampai mengental
Ikan Pari Bakar:
# tiriskan ikan pari, goreng dalam minyak panas yang banyak sampai setengah matang
# olesi dengan saus barbeque, grill sampai matang
# taruh diatas piring saji, sajikan dengan kentang goreng dan lumuran saus barbeque

You May Also Like :

PISTACHIO NUTS CRUSTED FISH SEA BASS RECIPEresep steak tuna ikan enak masakan olahan tunasalmon panggang tomat pedas spicy cherry tomato baked salmon butter pearl wheat

Resep Butter Poached Salmon & Sliced Jalapeno's Aglio Olio Spaghettiresep steak ikan cordon bleu saus krim daun dillsalmon steak patties

Resep Vegetarian: Sawi Cah Daging Sapi ala Dentist Che

Resep Vegetarian: Sawi Cah Daging Sapi ala Dentist Chef
Resep ini sebenarnya sangat simple dn mudah untuk dibuat. Sayur sawi dan potongan daging gluten ditumis sebentar saja. Menu ini cocok untuk anda yang sedang berdiet loh karena memiliki serat dan protein yang cukup mengenyangkan.
Bahan:
1 ikat saawi manis, potong2
200 gr daging sapi palsu/ gluten, goreng asal sebentar
2 siung bawang putih, cincang
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak biji anggur
1/2 sdt minyak wijen
Air secukupnya
Cara Membuat:
# panaskan minyak biji anggur, tumis bawang putih sampai kecoklatan
# masukkan saus tiram
# masukkan daging sapi vegan dan sawi, tumis sebentar, tambahkan air bila perlu
# matikan api dan terakhir masukkan minyak wijen
# sajikan segera

Resep Ifumie Shanghai ala Dentist Chef

Ifu mie adalah masakan mie  khas oriental, tp keunikannya adalah mienya digoreng garing terlebih dahulu dan kemudian disiram dengan kuah kental bercitarasa oriental. kebetulan masih ada stok ifumie siap goreng yang udah sebulan dilemari karena belum sempat dimasak. Cek bahan2 di kulkas, masih ada ayam, bakso udang, cumi cumi, udang dll, aku langsung berkreasi di dapur deh….

Bahan:

1 pak ifumie siap goreng, kalau gak ada bs jg pake mie basah yang  dibentuk diatas saringan penggorengan kemudian digoreng sampai garing dalam minyak yang banyak, tiriskan

5 ekor udang jerbung, kupas kulit, sisakan ekor dan kerat punggungnya

3 buah bakso udang, iris agak tebal

50 gr daging ayam, iris tipis

1 ekor cumi ukuran sedang, potong2

3 buah bakso ikan, iris agak tebal

1 buah sawi caisim, potong

50 gr wortel,iris tipis memanjang

3 siung bawang putih, cincang halus

1/4 buah bawang bombay, potong memanjang

1,5 sdm saus tiram

1/2 sdm kecap manis

1 sdt minyak wijen

1 sdt chilli garlic sauce Lee Kum Kee

larutan sagu secukupnya

air secukupnya

Cara membuat ifumie:

# goreng ifumie sampai garing, sisihkan

# panaskan 1 sdm minyak sisa menggoreng ifumie, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum

# masukkan semua bakso, udang, ayam, cumi, tumis sampai berubah warna, lalu masukkan sayuran

# masukkan chiili paste dan saus tiram serta kecap manis, tambahkan sedikit air

# kentalkan kuah ifumie dengan larutan sagu atau maizena

# siram kuah diatas ifumie yang sudah digoreng garing

# sajikan segera

Resep Saksang Ayam Kampung khas Tapanuli (Braised Chicken with Blood, Chili and Andaliman Pepper) ala Dentist Chef


Saksang adalah makanan khas tapanuli, biasanya terbuat dari ayam ataupun daging babi yang dibumbui pedas. dagingnya dipotong kecil kecil terlebih dahulu lalu diberi bumbu yang pedas dengan tambahan andaliman atau szechuan peppercorn. Yang unik dari makanan ini, adalah penambahan darah sesaat sebelum saksang matang, tp untuk saudara yang muslim, gota atau adonan darah in i bisa diganti dengan liver paste atau hati ayam yang diblender dengan sedikit santan encer.

resep ayam margota manuk gota masakan batak ayam masak darah

Ayam Gota a.k.a Manuk Namargota

Nama lain saksang ayam adalah manuk namargota atau ayam gota yang berarti ayam masak darah, karena darah ayam yang dicampur dengan air jeruk purut ditambahkan kedalam adonan bumbu ayam gota ini. Beda ayam gota dan saksang ayam adalah besar potongan ayamnya, saksang ayam dipotong kecil2 sedangkan ayam gota biasanya dipotong porsi individu, selain itu manuk namargota biasanya tidak mangandung santan didalam bumbunya.

Resep Saksang Ayam Kampung atau Manuk Namrgota

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung muda yang baru disembelih, potong kecil2
  • 1 buat hati ayam, blender dengan 100 ml santan encer dan 1 sdm air jeruk lemon
  • 30 buah cabe rawit, potong kecil
  • 1 batang sereh, geprek
  • 3 lembar daun jeruk limau
  • Bumbu Halus:
  • 10 buah cabe rawit
  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 cm jahe
  • 5 cm laos
  • 1 sdm andaliman
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak biji anggur
  • 1ooo cc air dqri 1 butir santan secukupnya

Cara Membuat Saksang Ayam Kampung:

# panaskan minyak biji anggur, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cabe rawit

# masukkan sereh, daun jeruk dan  potongan daging ayam kampung, bumbui dengan garam

# Tambahkan air santan dan masak sampai ayam cukup empuk

# kecilkan api, masukkan hati ayam yang sudah diblender, aduk rata

# didihkan kembali dan terus aduk biar bumbu tidak menggumpal

# sajikan segera, paling enak dimakan dengan nasi hangat, bisa terus2an nambah dan berkeringat karena rasanya yang pedas